Mungkin bagi sebagian orang masih asing mendengar kata Via Ferrata, karena memang kata ini berasal dari bahasa Italy yang artinya ‘jalan besi’. Ya melalui jalur via ferrata ini kita diajak meniti jalan berupa tangga besi yang menempel sepanjang lintasan dinding gunung/tebing. Besi-besi tersebut sudah tertanam di dinding tebing dengan cara dibor jadi cukup kuat buat menahan berat badan kita. Selain ada tangga besi, jalur via ferrata juga dilengkapi dengan kabel baja yang kuat.
tangga besi via ferrata
Walaupun anda bukan orang yang berpengalaman panjat tebing, ngga perlu khawatir untuk mencoba “adventure” ini. Tanpa perlu persiapan dan latihan khusus (tapi tetap harus dalam kondisi sehat ya) semua orang bisa melakukan panjat tebing dengan via ferrata, ya semudah kita naik tangga. So, kita bisa merasakan sensasi melakukan panjat tebing, melihat pemandangan dari atas ketinggian.

Secara prinsip, via ferrata ini kita seperti memanjat tangga, kaki menapak anak tangga satu demi satu. Untuk keamanan (karena ini sangat tinggi), kita dibekali beberapa peralatan yaitu :

  1. Seat Harness, yaitu tali-tali yang dipasang melingkari pinggang dan paha sebagai penyangga berat badan.
  2. Lanyard Double System, yang terdiri dari :
  • 2 buah Carabiner, yang digunakan untuk mengaitkan tubuh kita pada kawat baja.
  • Energy Absorber yang berfungsi meredam tegangan tali (Lanyard arm) jika kita terjatuh (semoga ngga terjadi ya….).
  • Lanyard Arm, yaitu tali yang menghubungkan Carabiner dengan energy Absorber.
  • Tali yang menghubungkan Lanyard Double System dengan Harness

3. Helm, sebagai pelindung kepala kalau ada batu-batu yang jatuh

4. Sarung tangan, supaya tangan ngga lecet karena memegang batu-batuan ataupun besi yang panas karena matahari.

5. Sepatu, sebisa mungkin gunakan sepatu yang tertutup dan ngga licin.

6. Kacamata hitam, untuk menahan silau sinar matahari.

Harness, Carabiner terpasang

Harness, Lanyard double system, helm, sarung tangan dan semua peralatan sudah terpasang, artinya kita sudah siap untuk melakukan Via Ferrata.

Siap Via ferrata2
Oups, sebelum mulai naik akan diberi pengarahan dulu bagaimana memasang peralatan tersebut. Oke mulai pengarahan ya….

1. Semua kegiatan ini dilakukan dengan tenang, jangan panik dan jangan terburu-buru

2. Kedua carabiner dikaitkan pada kawat baja.

3. Posisi Lanyard Arm harus selalu diatas lengan supaya pada saat kita naik carabiner pun ikut terseret naik.

4. Kawat baja memiliki pengaman dengan jarak tertentu, jadi kita harus memindahkan carabiner pada ujungnya.

5. Saat memindahkan carabiner harus satu persatu, lepas satu carabiner lalu pasang pada lanjutan kawat baja berikutnya. Setelah terpasang dengan aman baru boleh melepas carabiner satunya untuk dipasang di tempat yang sama dengan carabiner sebelumnya.

6. Diusahakan Lanyard Arm tidak saling membelit satu sama lain.

7. Setelah kedua Carabiner terpasang lanjutkan melangkah, menaiki tangga satu persatu sampai batas pengaman kawat baja berikutnya. Kemudian kembali melepas dan memasang carabiner pada kawat baja berikutnya.

8. Ada satu lagi pengaman yang disebut ‘runner’ yaitu berupa 1 buah carabiner dengan tali yang lebih pendek fungsinya jika kita ingin beristirahat atau foto-foto kita harus memasang carabiner ‘runner’ ini ke tangga. Sekali lagi ini dipasang jika kita akan beristirahat ya….

 

 

 

Posisi istirahat

Posisi Carabiner dan pengaman yang harus terpasang saat istirahat

Jika pengaman sudah terpasang dengan aman, kita bisa beristirahat, makan, minum, melihat pemandangan dan yang pasti foto-foto. Bahkan bisa seperti ini, kalo berani…..

fly

Don’t try this…

Tingkat kesulitan ‘Via ferrata’ ini tergantung pada ketinggian tebing, kemiringan dan bentuk lintasan. Kemiringan jalur bisa bervariasi tergantung kemiringan dinding bahkan di beberapa tempat ada bagian dinding yang memiliki kemiringan kurang dari 90 derajat. Jalur ‘Via ferrata’ tidak selalu berbentuk Vertikal, bisa juga berbelok dan menjadi lintasan Horizontal sehingga besi-besi baja itu menjadi pijakan kaki dan kita berpegangan pada kawat baja.

Track Vertikal-Horizontal

Track Vertikal berbelok menjadi Horizontal

Dengan cara ini kita bisa menikmati pemandangan yang indah dari atas tebing yang tinggi. Sudah siap untuk mencoba tantangan Via Ferrata ini ?

Yuk jangan lewatkan kesempatan ini di Via Ferrata Tebing Parang 14 Oktober 2015